sfx korea utara kim jong un

Korea Utara Kebingungan Setelah Muncul Berita Palsu yang Mengklaim Kim Jong Un Wafat

Geopolitik

SekilasForex.com (SFX) – Menambah rumor di seputar Kim Jong Un, sebuah video berdurasi lima menit yang dibuat agar terlihat seperti laporan berita resmi muncul di Korea Utara, yang mengklaim pemimpin negara itu wafat saat melakukan inspeksi.

Pihak berwenang di negeri yang dikucilkan tersebut telah membentuk satuan tugas untuk menyelidiki bagaimana rekaman itu dibuat di dalam negeri, demikian The Sun, media Inggris, melaporkan pada Rabu (28/4).

Berita palsu itu – yang dibuat sedemikian rupa agar tampak seperti asli dari stasiun televisi Korean Central Television – diyakini telah lolos melewati perbatasan negara rahasia dengan Cina.

Berita tersebut mengklaim bahwa Kim, 36, meninggal pada hari Sabtu lalu dan akan digantikan oleh saudara perempuannya yang berusia 32 tahun, Kim Yo Jong, yang dilaporkan sebagai kandidat paling kuat – meskipun paman Jong Un yaitu Kim Pyong Il juga muncul sebagai kandidat lainnya.

Termasuk dalam video tersebut adalah sebuah klip dari pemakaman ayahnya, Kim Jong Il, pada 2011 – juga screenshot dari artikel yang tidak jelas eksistensinya tentang dugaan kematian pemimpin tertinggi Korea Utara itu, menurut Daily NK yang berbasis di Korea Selatan.

Video tersebut telah menyebar di seluruh Korea Utara setelah sebuah foto yang dipalsukan memperlihatkan bahwa Kim sedang berbaring di peti mati – sebuah versi rekayasa dari gambar mendiang ayahnya.

“Video ini membingungkan warga biasa maupun anggota partai dan pejabat lainnya ketika mereka pertama kali melihatnya,” kata seseorang kepada The Sun. “Setelah video itu ditandai sebagai sebuah masalah serius, namun, tidak ada yang bisa mendiskusikan video ini secara terbuka.”

Salah satu tugas penandaan (flagging) tersebut adalah pemantauan panggilan telepon internasional atau pesan teks setiap orang, menurut laporan tersebut.

“Dengan semakin intensifnya investigasi, siapa pun yang melakukan panggilan telepon ke Cina karena alasan bisnis dianggap telah berbohong,” kata sumber itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *