HK Jadi Ring Tinju Baru AS-Cina!

Geopolitik

SekilasForex.com (SFX) – Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Cina kian memanas akhir-akhir ini. Ketegangan hubungan kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tidak hanya memuncak di Laut Cina Selatan, dan status Taiwan, tapi juga karena Hong Kong.

Cina gerah atas dukungan AS terhadap aksi demonstrasi di Hong Kong yang menolak undang-undang keamanan untuk daerah administrasi tersebut.

Mengutip Reuters, Senin (25/5/2020), Cina memperingatkan AS bahwa Beijing akan mengambil tindakan balasan jika AS bersikeras melemahkan kepentingannya di Hong Kong.

Reaksi Cina itu muncul merespons komentar terbaru dari Washington terkait kemungkinan menjatuhkan sanksi atas undang-undang keamanan nasional baru untuk kota tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan dalam sebuah briefing bahwa AS berusaha membahayakan keamanan nasional Cina.

Lijian mengatakan Beijing telah mengajukan pernyataan tegas kepada Washington mengenai komentar penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert OBrien bahwa undang-undang keamanan untuk Hong Kong dapat memicu sanksi dari AS kepada Hong Kong dan Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *