Harga Emas Mulai Pulih Dibantu Tensi AS-Cina di HK

Berita Emas & Komoditas

SekilasForex.com (SFX) – Harga emas naik pada hari Kamis karena ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Cina atas hukum keamanan Hong Kong meningkat, sementara langkah-langkah stimulus baru oleh beberapa negara untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19 juga memberikan dukungan bagi harga komoditas ini.

Harga emas spot naik 0,2% ke $1.715,00 per troy ounce menjelang siang setelah menyentuh level terendah dua minggu pada hari Rabu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Hong Kong tidak lagi memenuhi syarat untuk status khusus di bawah hukum AS, sebuah pukulan terhadap statusnya sebagai pusat keuangan Asia.

Presiden AS Donald Trump memiliki daftar panjang kemungkinan respons terhadap rencana Cina untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong, termasuk visa dan sanksi ekonomi, kata David Stilwell, asisten Menlu AS untuk Asia Timur.

Sementara itu Uni Eropa meluncurkan rencana stimulus senilai 750 miliar euro ($826,13 miliar) pada hari Rabu untuk menopang perekonomian, mengangkat permintaan untuk aset safe haven seperti emas.

Langkah-langkah stimulus tersebut  yang ditujukan untuk membatasi kerusakan ekonomi telah mendukung emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Sedangkan Jepang menyetujui paket stimulus $1,1 triliun, sementara sumber lain mengatakan India mungkin perlu memompa hampir $20 miliar ke bank-bank negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *