Harga Emas Turun Ditekan Paket Stimulus Jepang Namun Tertahan Demo Hong Kong

Berita Emas & Komoditas

SekilasForex.com (SFX) – Harga emas turun pada Senin (25/5/2020) karena pasar saham Jepang menguat di tengah berita tentang program stimulus Jepang yang mendorong minat investor masuk ke portofolio berisiko. Namun, ketegangan baru di Hong Kong membatasi penurunan harga emas.

“Saya pikir permainan saham dan aset berisiko lainnya mungkin telah mendukung selera risiko, dan mengurangi daya tarik untuk emas dalam jangka pendek,” kata analis IG Markets Kyle Rodda seperti dikutip Reuters.

Harga emas pada Jumat pekan lalu naik 0,8% hingga menyentuh $1.739,51 per troy ounce. Catatan saja, Jepang sedang mempertimbangkan stimulus baru senilai $930 miliar, yang sebagian besar terdiri dari program bantuan keuangan untuk perusahaan yang terkena pandemi corona, demikian surat kabar Nikkei melaporkan.

Indeks Nikkei Jepang melonjak 1,5% setelah laporan tersebut. Namun, kabar dari Hong Kong menahan penurunan harga emas lebih lanjut. Hong Kong kembali terancam dalam ketidakpastian politik, setelah ribuan orang menggelar unjuk rasa untuk memprotes rencana Cina memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong.

Legislasi keamanan nasional yang diusulkan untuk Hong Kong dapat menyebabkan sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan mengancam status Hong Kong sebagai pusat keuangan. Emas dipandang sebagai aset safe haven selama ketidakpastian politik dan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *