Target Inflasi Uni Eropa Katamya Direvisi

Target Inflasi Uni Eropa Katanya Direvisi. Kok Bisa?

Ekonomi Global

SekilasForex.com (SFX) – Bloomberg melaporkan bahwa staf bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) tengah mempelajari potensi merevisi target inflasi.

Laporan Bloomberg yang mengutip sumber anonim tersebut menguraikan bahwa staf ECB menilik beragam pendekatan kebijakan bank sentral, termasuk mengenai apakah target inflasi Zona Euro saat ini (2 persen) masih layak diberlakukan di era pasca krisis keuangan.

Indikasi preliminer mengisyaratkan bahwa ECB ingin menaikkan target inflasi, bukan menurunkannya. Hal itu mengipasi spekulasi pasar mengenai kemungkinan pemangkasan suku bunga ECB dan mengakibatkan pergolakan di pasar keuangan Eropa pada sesi perdagangan tengah pekan kemarin, tetapi yield obligasi Jerman juga tenggelam makin dalam di kisaran -0.36 persen dan bursa saham lokal meroket seketika.

“Jika (revisi target inflasi ECB) benar-benar terjadi, maka itu artinya ECB akan mempertahankan suku bunga rendah untuk kurun waktu lebih lama lagi,” kata Peter Chatwell dari Mizuho, sebagaimana dikutip oleh Reuters. Meski demikian, ia mensinyalir kalau reaksi pasar tidak merefleksikan tren jangka panjang.

Lanjutnya, “Nilai tukar (Euro) jelas bergerak karena cerita itu, tetapi itu merupakan reaksi spontan.”

Senada dengan Chatwell, Viraj Patel dari Arkera mengatakan, “Yah, jika Anda ingin melakukan pelonggaran moneter secara besar-besaran untuk mendapatkan inflasi di Zona Euro, maka masuk akal untuk menaikkan target (inflasi) yang telah gagal dicapai dalam 10 tahun terakhir.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *