Strategi Mantap untuk Mengembangkan Akun Trading Kecil (Bagian 1)

Dasar-Dasar Trading

SekilasForex.com (SFX) – Ketika berusaha mengembangkan akun trading kecil, seorang trader mungkin tergoda untuk mengambil risiko berlebihan. Bahkan, hal seperti itulah yang banyak website trading katakan untuk kita lakukan.

Tetapi mengambil terlalu banyak risiko pada akhirnya akan berujung pada kegagalan karena tekanan psikologis – jika Anda tidak siap dengan sistem trading dan persiapan psikologi trading yang mantap – dapat bermuara pada kegagalan.

Jadi apa solusinya? Apakah menumbuhkan akun kecil dapat dilakukan? Tentu bisa, tetapi butuh kesabaran dan pemikiran kreatif.

Berikut adalah beberapa tips atau strategi berkelanjutan dari Hugh Kimura, seorang trader berpengalaman, untuk menumbuhkan akun trading kecil.

Ingat bahwa strategi dari Kimura ini mengasumsikan Anda sudah memiliki strategi trading yang unggul. Jika Anda belum memilikinya, pastikan Anda mengembangkan sistem trading terlebih dahulu.

 

1. Gunakan Risiko yang Tepat untuk Ukuran Akun Anda

Sebagai permulaan, pastikan Anda mengambil jumlah risiko yang tepat per transaksi trading. Bagi sebagian besar trader, itu berarti merisikokan kurang dari 2% dari total akun mereka, per trading.

Jika Anda baru memulai, maka pertimbangkan untuk mengambil risiko sebesar 1% atau kurang dari itu, kemudian secara bertahap Anda dapat menambahnya.

Mempertaruhkan sejumlah kecil seperti ini memang tidak akan menumbuhkan akun Anda dengan sangat cepat. Tapi ada satu hal, kehati-hatian tersebut berpotensi besar untuk menjaga kelangsungan kehidupan akun Anda.

Menumbuhkan akun trading kecil adalah tentang konsistensi. Kemenangan yang konsisten bakal menjelma menjadi angka besar, seiring berjalannya waktu.

Sebaliknya, jika Anda kehilangan semua uang Anda, Anda hampir tidak akan memiliki akun lagi untuk trading.

Jadi kuncinya adalah menempatkan sejumlah kecil risiko, tetapi tetap mencari cara untuk meraih keuntungan lebih banyak daripada kerugian saat trading.

Untuk mencapai target tersebut di atas dapat dilakukan dengan melihat peluang trading bertingkat atau berasio kemenangan yang tinggi, atau pengembalian multi-risiko yang tinggi per trading.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan pula untuk mengambil lebih banyak risiko berdasarkan kasus per kasus, misalnya saat Anda sangat yakin tentang probabilitas pergerakan harga.

Mengambil risiko kecil mungkin terlihat seperti langkah mundur, tetapi ini adalah cara terbaik untuk membangun fondasi yang kuat. Setelah Anda terbukti konsisten, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil risiko lebih banyak.

 

2. Jangan Menarik Dana Anda, Biarkan Akun Anda Tumbuh

Setelah Anda mulai menghasilkan uang dalam trading, bisa jadi bakal tergoda untuk mengambil sebagian untuk membayar tagihan Anda atau membeli beberapa perangkat komunikasi idaman.

Tetapi jika Anda ingin menumbuhkan akun Anda secepat mungkin, Anda harus bersabar menahan godaan untuk melakukan penarikan. Biarkan keajaiban sistem dan strategi trading bekerja untuk Anda.

Sebagai gantinya, temukan cara lain untuk membayar tagihan rutin Anda, pada saat Anda berusaha membangun akun trading kecil Anda.

 

3. Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Memang mudah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Itulah yang sebagian besar dari kita lakukan sejak usia remaja.

Tetapi membandingkan diri Anda dengan orang lain biasanya menimbulkan perasaan tidak sabar, frustrasi, dan tidak mampu.

Selalu ingatkan diri Anda: “Anda sebenarnya bersaing hanya dengan diri Anda sendiri dalam trading.”

Anda boleh ikut senang melihat para trader lain yang sukses tapi jangan pernah mengukur diri Anda dengan kesuksesan mereka.

Kini kita cerna tiga strategi di atas sebelum melanjutkan ke strategi selanjutnya untuk mengembangkan akun trading kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *