Kandidat Kuat Perdana Menteri UK Tolak Komitmen Jumlah Imigrasi ke Negaranya

Kandidat Kuat Perdana Menteri UK Tolak Komitmen Jumlah Imigrasi ke Negaranya

Geopolitik

SekilasForex.com (SFX) – Boris Johnson, kandidat terkuat kepemimpinan Tory (Partai Konservatif), telah menolak untuk berkomitmen untuk mengurangi imigrasi bersih (net immigration) setelah Brexit nanti.

Penolakannya itu ia sampaikan saat menghadapi pesaingnya dalam debat head-to-head terakhir dari kontes kepemimpinan partai berkuasa di United Kingdom (UK).

Mantan menteri luar negeri UK tersebut, dan pesaingnya Jeremy Hunt, sepakat bahwa pemungutan suara untuk meninggalkan Uni Eropa (UE) adalah sebuah pesan untuk “mengendalikan” imigrasi, tetapi Johnson tidak mengatakan bagaimana ia akan mencapainya.

Komentarnya cenderung menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa anggota Tory yang ingin Johnson menghentikan jumlah imigrasi bersih jika ia menjadi perdana menteri UK berikutnya.

Sementara itu Hunt mengutip saat ia menjabat sebagai sekretaris (menteri) kesehatan untuk menggambarkan bagaimana ia akan menurunkan jumlah imigrasi.

“Meningkatkan tingkat pendidikan dan keterampilan rakyat kita sendiri yang merupakan cara yang tepat untuk melakukannya (mencapainya),” katanya.

Dominic Raab, sekutu Johnson, bersikeras setelah perdebatan tersebut bahwa calon terdepan memiliki “rencana yang jelas” untuk imigrasi.

Dia mengatakan kepada Press Association, “Dia (Johnson) sudah punya rencana yang jelas tentang apa yang ingin dia lakukan dengan imigrasi.”

“Saya pikir, mengingat kepercayaan publik telah terkikis pada target yang telah kita miliki dan gagal diraih, memang benar untuk hanya sedikit berhati-hati dalam menetapkan target yang tepat di tengah debat kontes kepemimpinan,” jelas Raab.

Kedua kandidat yang berlomba untuk menjadi perdana menteri UK berikutnya itu juga menolak untuk melabeli presiden AS Donald Trump sebagai rasis karena berkata kepada empat wanita kulit berwarna anggota di Kongres AS untuk kembali ke negara-negara mereka yang “hancur dan penuh kejahatan”.

Anggota Tory saat ini memberikan suara mereka untuk menentukan siapa pemimpin mereka berikutnya. Pemenangnya akan diumumkan pada 23 Juli. Lalu pada hari berikutnya dilantik sebagai perdana menteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *