Defisit Anggaran Budget Deficit-2

Seram Amat! Defisit Anggaran AS Mencapai $738 Miliar

Ekonomi Global

SekilasForex.com (SFX) – Rekor baru defisit anggaran Amerika Serikat (AS) tercipta di kala pandemi COVID-19. Mengutip Reuters, Pemerintah AS melaporkan rekor defisit anggaran $738 miliar pada bulan April. Angka ini karena ledakan dalam pengeluaran pemerintah dan menyusutnya pendapatan di tengah pandemi yang ditimbulkan novel corona virus.

Departemen Keuangan AS mengatakan defisit anggaran pada bulan April adalah yang pertama untuk mencerminkan besarnya pengeluaran pemerintah untuk mengurangi dampak krisis. Defisit anggaran rekor sebelumnya untuk setiap bulan adalah $235 miliar pada Februari 2020 AS masih terus bertahan menjaga kondisi negara akibat penyebaran COVID-19.

Sebagian besar negara bagian masih berada di bawah perintah penguncian yang ketat dan banyak bisnis tutup untuk mencoba menahan penyebaran virus. Virus corona SARS Cov-2 telah menewaskan lebih dari 80.000 orang di AS.

Defisit tahun-ke-tahun fiskal melonjak menjadi $1,48 triliun dibandingkan dengan defisit $531 miliar pada periode yang sebanding pada tahun 2019, melampaui rekor defisit bulanan sebelumnya yaitu $870 miliar pada April 2011.

AS sudah mengeluarkan beberapa paket penyelamatan akibat corona. Kongres AS sudah menyetujui paket penyelamatan $2,3 triliun untuk menangani krisis pada tanggal 27 Maret dan terus bertambah hingga menjadi sekitar $3 triliun.

Bulan April memang menandai bulan pertama beberapa program stimulus itu mulai dibayarkan. Sekitar $600 miliar dalam pengeluaran untuk April disebabkan oleh pengeluaran pemerintah untuk langkah-langkah bantuan pandemi, sementara penerimaan dikurangi sekitar $300 miliar akibat krisis, pejabat senior Departemen Keuangan memperkirakan.

Padahal di April biasanya merupakan bulan di mana Departemen Keuangan membukukan surplus karena pembayaran pajak jatuh tempo pada 15 April, tetapi mereka telah ditunda tahun ini hingga 15 Juli karena pandemi. Pemerintah hanya melaporkan defisit April 15 kali selama 66 tahun terakhir.

Alasan utama untuk pengurangan penerimaan adalah penangguhan pajak individu dan bisnis tertentu dari April, serta perubahan undang-undang perpajakan yang disahkan dalam undang-undang baru-baru ini, kata Departemen Keuangan.

Lebih dari 33 juta orang Amerika telah mengajukan tunjangan pengangguran sejak 21 Maret, yang setara dengan sekitar satu dari lima pekerjaan. Itu juga membuat basis pendapatan pemerintah AS menurun.

Pada bulan April, penerimaan mencapai $242 miliar, turun 55% dari tahun sebelumnya. Sementara pengeluaran naik 161% menjadi $980 miliar.

Sekitar $283 miliar dalam pajak penghasilan individu yang tidak dipotong dibayarkan pada bulan April 2019, menurut data Departemen Keuangan, dan penerimaan pajak yang ditahan dari gaji pekerja, yang berjumlah $114 miliar pada bulan April 2019, berkurang tahun ini oleh lonjakan pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *