Harga Emas Meroket ke Titik Tertinggi Sejak Mei 2013

Harga Emas Meroket ke Titik Tertinggi Sejak Mei 2013

Berita Emas & Komoditas

SekilasForex.com (SFX) – Harga emas (XAUUSD) terus meroket sejak pagi hingga kini masuk ke sesi perdagangan Eropa pada awal pekan ini. Harga logam kuning ini mengukir puncak multi-tahun baru, di $1459,60 yang menjadi harga tertinggi sejak 10 Mei 2013.

Setelah jeda singkat pada hari Jumat, harga logam mulia ini kembali positif pada hari pertama minggu perdagangan baru dan dibangun di atas rebound solid pekan lalu dari wilayah penyangga $1.400 yang telah diuji oleh reaksi pasar terhadap penurunan suku bunga hawkish Federal Reserve di akhir Juli.

Kemunduran tajam dalam sentimen risiko global, di tengah eskalasi baru dalam perselisihan perdagangan AS-Cina, ternyata menjadi salah satu faktor utama yang menguntungkan status logam mulia yang dipersepsikan sebagai safe haven.

Dilaporkan oleh berbagai media internasional, Presiden AS Donald Trump pada hari Kamis (1/8) secara tak terduga mengumumkan untuk mengenakan tarif tambahan sebesar 10% pada impor China senilai $300 miliar mulai 1 September. Keputusan Trump tersebut jelas mengguncang pasar keuangan global.

Penerbangan global menuju keselamatan (flight-to-safety) terlihat dari penurunan berkelanjutan imbal hasil (yield) obligasi Treasury AS, yang mendukung permintaan untuk logam kuning, aset non-yield.

Sementara itu, penurunan yield obligasi AS terus menekan dolar AS pada hari Senin, yang akhirnya memberikan dorongan tambahan untuk komoditas dalam denominasi dolar AS atau tidak mampu menghambat momentum positif harga emas ke level tertinggi sejak Mei 2013.

Dengan kenaikan kuat pada hari ini, harga komoditas safe haven ini sekarang tampaknya telah mengkonfirmasi terobosan bullish baru melalui resistensi horisontal $1445-48 dan karenanya berpotensi ebrgerak menuju level psikologis kunci $1500.

[rns_reactions]

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *