Fokus ke Trendline maka Profit pun Mengalir

FOKUS ke TRENDLINE, PROFIT Bisa MENGALIR. Anda Mau?

Belajar Analisa Teknikal

SekilasForex.com (SFX) – Trendline merupakan alat yang sangat lazim digunakan dalam analisis teknikal. Bahkan perannya sangat penting, karena strategi trading yang paling baik itu adalah trading yang mengikuti tren pergerakan harga.

Jika kita bisa menggambar trendline dengan tepat, maka garis tersebut bisa sama akuratnya dengan metode trading yang lain. Maka persiapkan diri Anda untuk lebih mengenali garis sederhana yang disebut trendline ini.

Sangat penting pula bagi Anda untuk bisa mengidentifikasi tren itu sendiri, sebab kegagalan mengenali tren adalah awal dari kegagalan Anda meraih keuntungan dalam trading. OK, sebelum melangkah lebih jauh, kita akan bahas jenis-jenis tren dulu.

Pada dasarnya hanya ada tiga tren: naik (uptrend), turun (downtrend) dan datar (sideways). Kita akan bahas satu per satu.

1. Tren naik (uptrend)

Sederhana saja: tren naik (uptrend) adalah keadaan ketika harga sedang bergerak naik. Tapi tetap ada prasyarat untuk menentukan bahwa pasar berada dalam uptrend. Coba perhatikan gambar berikut.

Kondisi UPTREND
Kondisi Trend Naik atau UPTREND

Prasyarat uptrend adalah adanya sederetan PEAK (puncak) yang semakin tinggi dan TROUGH (lembah) yang juga semakin tinggi.

Karena ada kata “sederetan”, maka mestinya ada lebih dari satu. Artinya, minimal harus ada dua puncak dan dua lembah yang semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *